Kamis, 05 Mei 2011

Cara Cepat Simpan Berkas Di Inbox Ponsel Symbian

Sudah menjadi suratan setiap berkas yang dikirim melalui bluetooth ke ponsel ber-os Symbian selalu mampir ke inbox dulu. Untuk menyimpan ke memori kita harus membuka berkas tersebut. Kalau cuma satu dua berkas saja tentu bukan masalah tapi kalau udah main puluhan atau ratusan berkas bisa kekar jempol kita mengklik satu/satu. :lol:

Sudah menjadi suratan pula sistem operasi dibuat adalah untuk mempermudah pekerjaan kita, maka selalu ada cara dan perkakas alternatif agar yang sulit menjadi gampang. Salah satu perkakas yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola berkas di ponsel Symbian adalah X-plore yang bisa didownload dan pakai secara gratis. X-plore punya kemampuan mengakses inbox dengan cepat tanpa harus meramban folder per folder. Bahkan hanya dengan sekali klik saja jika anda telah menghafal tombol shortcut-nya.
Transfer Multimedia

Caranya, setelah proses pengiriman kelar, buka X-plore, tekan Menu -> Tools -> Messaging (anda bisa menghafalkan shortcut yang ada di dalam kurung agar bisa lebih cepat). Jika semua berkas yang ada di inbox adalah berkas yang berkategori sama dan ditaruh di folder yang sama maka anda bisa memilih Mark all melalui Menu. Tapi jika bercampur baur anda bisa menandai satu persatu dengan menekan tombol pensil atau shift (qwerty keyboard) sambil mengklik atau menggulir tombol navigasi. Lalu tekan Menu -> Edit -> Cut atau Move, selanjutnya pilih tempatnya dan paste-kan. Selesai. Gampang dan cepat kan? :smile:
Transfer Kontak

Begitu pula jika anda memindahkan buku telepon/kontak dari perangkat lain ke ponsel Symbian, setelah menandai dan meng-copy/cut/move di Inbox, masuk ke kartu memori atau drive E:OthersContacts lalu paste-kan disana. Jika subfolder Contacts belum ada anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Sekarang anda buka aplikasi Kontak, tekan Pilihan -> Salin dari kartu memori. Dalam beberapa kejap daftar kontak akan tersalin ke aplikasi Kontak anda. Mudah kan? :cool:

0 komentar:

Posting Komentar