Kamis, 05 Mei 2011

Backup Kontak HP Via Google Sync

Sinkronisasi data atau SyncML (Syncronization Markup Language) adalah fitur yang terdapat hampir di semua ponsel, tapi sayangnya fitur ini selalu dianggap remeh oleh sebagian besar pengguna ponsel.

Sebagian besar pengguna ponsel yang sering memanfaatkan fasilitas ini adalah pekerja kantoran. 
Kenapa pekerja kantoran sering menggunakan fasilitas ini ya????
Karena para pekerja kantoran biasanya memiliki data-data penting yang di simpan pada ponsel miliknya dan tentunya mereka mengerti cara penggunaan dan manfaat dari SyncML (Syncronization Markup Language).

Beberapa alasan fitur SyncML ini di anggap remeh dan diacuhkan oleh kebanyakan orang. Tentunya karena mereka tidak mengetahui fingsi SyncML tersebut, tidak mengetahui cara menggunakannya, belum pernah merasakan manfaatnya, lebih senang malakukan backup secara offline karena lebih simple dan mudah.

Nah, jika teman-teman belummengerti cara backup kontak HP secara online via Google Sync, saya akan memberikan beberapa petunjuk cara melakukkannya. Tentunya yang pertama harus teman-teman miliki adalah akun di Google (alamat e-mail). Jika teman-teman belum punya akun e-mail di Google, silakan daftar dulu ke https://mail.google.com. Jika sudah memiliki akun di Google teman-teman bisa langsung melakukkan backup.

Pengaturan standarnya seperti yang tercantum di bawah ini :

Sync Profile Name : Google Sync
Data Bearer : Web atau Internet
Access Point : isi sesuai dengan layanan operator yang dipakai
Host Address : https://m.google.com/syncml
Port : 443
User Name : alamat email Gmail anda
Password : password email Gmail anda
Applications : Contacts
Remote Database : Contacts

Pengaturan di atas merupakan pengaturan yang sama atau ada pada setiap tipe dan merek ponsel yang mendukung SyncML. Sementara aturan – aturan tambahan lainnya yang kadang berbeda di beberapa ponsel biasanya sudah diatur oleh aplikasi. Di bawah ini adalah screenshot pengaturan SyncML di Nokia E63 :

  
 
 
 
 Selamat berSyncML ria dan rasakan manfaatnya :-)

0 komentar:

Posting Komentar